Menjaga Kesehatan

Setelah liburan atau istirahat panjang dari kesibukan sehari-hari, kita sangat sering kembali dengan kekuatan penuh untuk kembali ke kesibukan. Terkadang, kita berayun begitu keras sehingga kita sakit, dan sepertinya tidak bisa sembuh! Beberapa kemungkinan penyebab yang mendasari bisa jadi adalah stres yang berlebihan… nutrisi yang tidak cukup… sistem kekebalan tubuh 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan yang lemah… atau semua hal di atas! Jadi mari kita ambil sikap preventif dan atasi masing-masing masalah ini satu per satu.

1) Terlalu banyak stres

Tidak ada orang di Amerika yang tidak Tempat Pengobatan Kanker dan Tumor Pekanbaru Jakarta mengalami suatu bentuk stres yang luar biasa. Kita hidup dalam masyarakat yang SANGAT penuh tekanan – kita dibombardir oleh stres setiap detik setiap hari. Kami mendapat tekanan fisik karena membawa buku saku seberat dua puluh ton kami – bahu dan tulang punggung kami yang terapi autis anak berkebutuhan khusus pekanbaru malang siap lepas dari beban yang tidak semestinya! Belum lagi postur menghebohkan yang kita berikan pada tubuh kita yang duduk di meja mengetik di depan komputer selama 8 jam sehari – lalu kita menghabiskan 8 jam lainnya di ponsel kita!

Selain itu, kami mengalami tekanan mental – berapa banyak pikiran yang Anda pikirkan saat ini? Saya yakin Anda memiliki 10-15 pikiran TERPISAH yang mengalir di benak Anda secara bersamaan pada detik ini. Tahukah Anda bahwa rata-rata kita memiliki lebih dari 100.000 pemikiran sehari? Itu hampir 2 pikiran per detik bangun! Dengan banyaknya pikiran yang mengalir di benak kita, tidak heran mengapa kita lelah secara mental. Bagian yang merusak datang ketika otak kita terus berputar tanpa hasil. Ketika pikiran terus berputar, otak kita (dan seluruh makhluk) tidak bisa tenang. Jika kita tidak “tenang”, kita dengan “tidak nyaman” – ya itu benar, penyakit. Apakah itu penyakit jantung, penyakit radang, penyakit autoimun – masing-masing adalah kurangnya “kenyamanan” dalam tubuh kita. Saya tidak mengatakan bahwa seminggu bermeditasi akan membuat segalanya lebih baik. Namun, jika Anda duduk di ruangan yang nyaman, benar-benar rileks dengan mata tertutup, apakah Anda dapat membiarkan pikiran Anda hanya berkonsentrasi pada pernapasan? Berapa lama Anda bisa melakukannya? Jika Anda menemukan bahwa otak Anda terus berdengung, itu adalah tanda bahwa Anda perlu berlatih meditasi untuk mengendalikan pikiran Anda. Ingat, Anda BUKANLAH pikiran, Anda adalah PEMIKIR. Ini menempatkan kita pada posisi kendali – dan kita dapat menentukan pikiran apa yang kita miliki, dan tidak kita miliki. itu adalah tanda bahwa Anda perlu berlatih meditasi untuk mengendalikan pikiran Anda. Ingat, Anda BUKANLAH pikiran, Anda adalah PEMIKIR. Ini menempatkan kita pada posisi kendali – dan kita dapat menentukan pikiran apa yang kita miliki, dan tidak kita miliki. itu adalah tanda bahwa Anda perlu berlatih meditasi untuk mengendalikan pikiran Anda. Ingat, Anda BUKANLAH pikiran, Anda adalah PEMIKIR. Ini menempatkan kita pada posisi kendali – dan kita dapat menentukan pikiran apa yang kita miliki, dan tidak kita miliki.

Seolah-olah ini belum cukup, kami menambahkan stres emosional di atas semuanya. Stres emosional berasal dari perasaan yang kita alami hari demi hari. Apakah Anda puas dalam karir Anda? Bagaimana dengan tubuhmu? Bagaimana hubungan Anda? Jika salah satu dari ini tidak berada di jalan yang benar, ia dapat menjalin jalannya ke area lain dalam hidup kita. Misalnya, jika Anda tidak bahagia dengan diri Anda sendiri, apakah Anda akan mewakili diri Anda sebaik mungkin dalam pekerjaan Anda? Apakah Anda akan menjalani hari Anda dengan percaya diri dan menyerang setiap tantangan yang menghadang Anda? Apakah Anda akan mendekati atasan Anda dan meminta kenaikan gaji jika Anda benar-benar merasa pantas mendapatkannya? Selain itu, jika Anda membenci penampilan Anda, apakah Anda akan menarik cinta dalam hidup Anda? Jika Anda berada dalam suatu hubungan, akankah Anda membiarkan diri Anda menjadi intim? Ini adalah faktor-faktor stres emosional dan kita SEMUA mengalaminya pada suatu saat dalam hidup kita. SATU-SATUNYA cara untuk merasa lebih baik adalah MENGAMBIL TINDAKAN. Berpikir itu hebat, tetapi faktanya adalah – berpikir tidak membawa Anda ke mana pun! Tindakanlah yang membuat sesuatu terjadi – tindakan membawa perubahan. Tindakan membawa Anda dari NO WHERE ke SEKARANG DI SINI!

*PHEW* Aku tahu ini intens, tapi tunggu dulu…

2) Nutrisi yang buruk

Dalam Konseling Kesehatan Holistik, kami membahas nutrisi primer DAN sekunder. Nutrisi sekunder sedikit lebih mudah dipahami, jadi mari kita bahas dulu. Nutrisi sekunder adalah apa yang secara informal disebut “nutrisi” – makanan yang sebenarnya kita masukkan ke dalam tubuh kita. “Anda adalah apa yang Anda makan”. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita…hal-hal yang rusak dan menjadi bahan penyusun tubuh kita…sebenarnya penting! Jika Anda memasukkan bahan kimia, junk food (baca “daftar bahan lebih panjang dari kamus yang bahkan tidak bisa Anda ucapkan”) ke tenggorokan Anda, itu akan mempengaruhi kesehatan Anda. Syukurlah, tubuh kita adalah mesin LUAR BIASA yang dapat mengekstraksi nutrisi bermanfaat dari apa pun yang dimasukkan ke dalamnya. Namun, dengan melakukannya, kita menggunakan kelebihan energi dan menghabiskan simpanan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh sehari-hari. Di sisi lain, jika kita makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang (“diet” berarti makanan yang Anda makan, BUKAN makanan yang Anda batasi untuk dimakan) kita memberi kesempatan pada tubuh kita untuk mengistirahatkan sistem pencernaan – karena tidak lagi harus lakukan pekerjaan ekstra untuk mencerna bahan kimia yang tidak dapat dikenali yang kita sebut “makanan”. Selain itu, kami menyediakan lebih banyak vitamin dan mineral, jadi kami tidak menghabiskan simpanan kami, melainkan menggunakan vitamin dan mineral untuk menumbuhkan rambut dan kuku yang indah, meremajakan kulit, dan menjaga keseimbangan mental dan emosional kami. Anti Penuaan Alami! Jadi haruskah kita melepaskan “kejahatan” favorit kita? Belum tentu. Jika ada – pertahankan dalam diet Anda, dengan begitu Anda tidak akan pernah merasa kekurangan. Sebagai gantinya, TAMBAHKAN makanan sehat dan bergizi pada apa yang sudah Anda makan. Tantang diri Anda, lupakan minimum… BERAPA BANYAK buah dan/atau sayuran yang bisa Anda makan hari ini? Siapa pun yang mendapat paling banyak MENANG!

*Dapatkah Anda memberi tahu saya bahwa saya bersemangat tentang ini?*

3) Sistem kekebalan tubuh terganggu

Fakta yang tidak banyak diketahui – sekitar 80% dari sistem kekebalan kita ada di usus kita. Ya perut, usus, usus besar kita – “pipa bagian dalam” kita – sama rumitnya dengan pikiran kita. Saluran pencernaan kita memiliki neuron sebanyak otak kita! Secara keseluruhan, usus kita memiliki otaknya sendiri, yang disebut sistem saraf enterik. (Itu membuat makan emosional jauh lebih mudah dipahami, bukan?) Saluran GI kita adalah pertahanan pertama melawan penyakit. Makanan yang kita makan penuh dengan mikroorganisme, sebagian besar sebenarnya baik untuk kita, tetapi sesekali kita menelan sesuatu yang tidak begitu baik. Jika sistem kekebalan kita kuat, tubuh kita mengambil bakteri jahat itu dan membuangnya – tidak ada salahnya dilakukan. NAMUN, jika sistem kekebalan kita terganggu (kita belum makan dengan baik, mengalami stres ekstra, tidak cukup tidur) bahwa satu bakteri jahat mengalahkan sistem pertahanan tubuh kita dan mendatangkan malapetaka. Oleh karena itu, kita jatuh sakit. Rencana terbaik? Persenjatai sistem kekebalan Anda setiap hari. Berikan semua TLC yang dibutuhkannya dengan menyediakan pola makan yang sehat, tidur nyenyak, praktik kesehatan dan kebugaran, dan yang terpenting PMA (yaitu… Sikap Mental Positif).

Jadi sekarang saya akan memecahkan lebih banyak gelembung – coba tebak apa yang membantu dengan SEMUA ini (selain yang saya sebutkan di atas)? Anda dapat menebaknya – rejimen latihan. Dengan memasukkan aktivitas fisik secara teratur ke dalam kehidupan kita sehari-hari, kita memperkuat tubuh kita dari dalam ke luar, menenangkan pikiran kita, dan melepaskan endorfin untuk memberi kita dorongan emosional. Kami baru saja menangani SEMUA tiga bentuk stres. Seolah-olah itu tidak cukup baik, berolahraga membantu tubuh kita menggunakan nutrisi yang kita masukkan dengan lebih baik DAN memperkuat sistem kekebalan kita! Semua pangkalan tertutup. TAPI ada tangkapan … Anda benar-benar harus MENIKMATI latihan Anda. Jika Anda berjalan dengan susah payah di treadmill dengan membenci setiap detiknya, Anda TIDAK akan mendapatkan hasil yang sama seperti jika Anda tersenyum selama latihan dan ingin lebih. Bagian yang sulit? Berolahraga saat Anda merasa lelah. Ini akan sulit selama sekitar satu bulan – tetapi Anda akan segera menginginkannya!

Jadi tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda telah berayun begitu keras ke ayunan benda, sehingga Anda menabrak dinding? Jika demikian, Anda perlu menilai kembali, dan memutuskan sendiri – seberapa pentingkah kesehatan Anda? Apakah perlu beberapa perubahan? Saya tahu Anda sibuk, tetapi kita memiliki waktu 24 jam sehari yang sama dengan Albert Einstein, Thomas Edison, dan Helen Keller. Jadi bangunlah, keluar dan tempatkan ANDA terlebih dahulu; jadwalkan di beberapa waktu Anda untuk perubahan.

Jan Michelle Filoso adalah Konselor Kesehatan Holistik yang disertifikasi oleh Institute for Integrative Nutrition. Dia juga mendirikan JanWellness, di mana dia menyediakan program Konseling Kesehatan Holistik satu lawan satu dan kelompok. Meskipun Jan membahas banyak masalah kesehatan dan berat badan dalam praktiknya, fokus utamanya adalah pada manajemen stres dan gangguan pencernaan.

 

 

More From Author

Penglihatan yang Lebih Baik Secara Alami

Menjadi Petugas Polisi yang Sukses: 7 Tips Memulai Karir Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *